Jumat, 01 Juni 2012

Sekilas tentang Rembang

Rembang, sebuah Kabupaten yang memiliki hari jadi 27 Juli 1741 adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berada ujung timur. Secara administrasi Kabupaten Rembang terbagi dalam 14 kecamatan, 287 desa dan 7 kelurahan dengan luas wilayah secara keseluruhan 101.408,283 Ha. Kabupaten Rembang merupakan wilayah yang terletak di pantai utara pulau Jawa, merupakan daerah pinggiran (pheripheral) wilayah Jawa Tengah. 

Ada 6 kecamatan yang berada di pinggiran pantai, yakni: kecamatan Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan dan Sarang. Panjang pantai pada 6 wilayah kecamatan ini adalah 60 Km. Pegunungan di kabupaten Rembang termasuk dalam deretan Pegunungan Kendeng Utara yang potensial untuk pembuatan kapur/gamping. Puncak gunung tertinggi adalah Gunung Lasem (806 m dpl) dan kemudian Watu Putih (495 m dpl ).

Kabupaten Rembang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, sehingga menjadi gerbang sebelah timur Provinsi Jawa Tengah. Daerah perbatasan dengan Jawa Timur (seperti di Kecamatan Sarang, memiliki kode telepon yang sama dengan Tuban (Jawa Timur).

Batas Wilayah Kabupaten Rembang
Sebelah utara     : Laut Jawa.
Sebelah timur     : Kabupaten Tuban (Jawa Timur).
Sebelah selatan  : Kabupaten Blora.
Sebelah barat     : Kabupaten Pati.

Daerah Kabupaten Rembang terletak antara ketinggian 0 M sampai 806 M dari permukaan air laut, dengan kondisi cuaca berkisar antara 23 o – 35 o C, dengan curah hujan rata-rata pertahun ±  1.044 cm3/tahun.

Kesenian tradisionalnya adalah  Pathol Sarang, Thong-thong lek, Engklek, Sodhor, Jorit, Gacon, Kekean, Nekeran, Ngaji, Mondokan.

Sumber daya yang dimiliki adalah Perikanan Laut, Garam, Hasil Tambang, Legen, Siwalan, Ndog Jungan, Buah Kawis, Batik Lasem

Sumber:



1 komentar:

kmi temukan sim c atas nama ayu putri wulansari ,sp
ds. sumberejo rt 05 rw 06,kec rembang , kab rembang...yg brsangkutan dpt mengambil disertai bukti identitas diri yg sah....hub. no telp kntor...0341 823658

Posting Komentar